Sharing yang satu ini semoga bermanfaat buat mahasiswa yang saya didik, plus teman teman farmasi lain.

Spirit sebelum mempelajari farmakoterapi, pastinya adalah…. semakin memahami konsep pengobatan yang diberikan pada pasien, maka semakin bermanfaatlah fungsi apoteker… jadi, yuk ahh belajar bersama bagaimana memahami farmakoterapi menjadi lebih mudah.

Salah satu yang membuat mudah belajar farmakoterapi adalah menggunakan berbagai aplikasi dari internet ataupun smartphone. Dengan hanya satu syarat..“punya paket data”..:) … ,  kayanya asyik banget browsing terkait farmakoterapi, dan diakhiri dengan addict cari hal terbaru dan siap untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang obat dalam hitungan detik.. Ga percaya??

Berikut adalah aplikasi yang mudah kita akses di manapun kita berada…

1. Yang wajib, pastinya adalah MEDSCAPE…. semua ada disini, dengan mengklik http://www.medscape.com/, semua info ada disini. Dimulai dari per item obat, dan informasi penting lainnya. Yang paling menarik dari MEDSCAPE adalah CME nya. Silahkan Mencoba .

2. Yang kedua, http://www.drugs.com…. menarik, melirik aplikasi disini. So easy to get all information. Yang topp banget adalah, kita langsung bisa akses AHFS DI Monographs, FDA, Interaction Checker, Micromedex, Harvard Health Topics, Drug Facts, Cinical Trial Results , New drug Approval.. dan lain lain… Wawww bangett kan??? …

3. Yang ketiga, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed… kalau mau dapat kasus yang memiliki evidence base yang lengkap, so klik disini yaaa… so easy, just klik, choose and read, finnaly you got the answer.

4. Yang keempat… dan sering banget saya pakai untuk mengajar, http://accesspharmacy.com/caseToc.aspx… ada free power point lho, kan asyik tuh mengajar menggunakan ppt yang updated plus free pastinya. free power pointa dan bebrapa materi khusus bisa langsung di klik disini yaa… http://www.accesspharmacy.com/resourceTOC.aspx?resourceID=669

5. Ingin melatih kemampuan belajar terkait dengan Farmakoterapi… nah klik aja disini.. http://novella.mhhe.com/sites/0071363610/student_view0/chapter33/self_assessment_quiz.html

Wah segudang soal free, dan kita bisa mengupdated ilmu kita apakah kita mampu melakukan self assesment terhadap berbagai kasus pengobata. Belajar dari kasus akan memahami bagaimana memilih obat yang tepat untuk pasien. ada segudang case disini. Ada 140 chapter!!! Uwoww kann.. walupun kalau ingin updated lagi, yaaaa, harus membayar lebih, but its oke… as a student pakai yang free, dah cukup amazing.

6. Dan case yang free lagii, silahkan klik disini.. http://issuu.com/saturgonza/docs/case-files—pharmacology–2nd-ed.-2008… Ga rugi dech baca ini, menggunakan bahasa yang simple dan easy to understand. So LOVE it so much… #jadi sedikit rugi beli mahal di apple store, ternyata free lhoo dibuka di notebook.

Kalau yang diatas adalah beberapa alamat link yang menurut saya sih wajib disimpan di bookmark notebook kita, nah dibawah ada beberapa aplikasi yang bisa didownload melalui aplikasi di Play store android punya ama Apple store punya:

1. Medscape

2. Drugs.com

3. Pub Med.

4. Pharmacotherapy Handbok Mcgraw Hill

dan aplikasi lain yang dengan keywords drug, dah muncul semua.

Namun saya hanya menggunakan sebagian yang saya rasa paling lengkap dan easy to use. Ga usah banyak banyak aplikasi, nanti malah bingung memilihnya.

Dan saya sangat yakin masih banyak lagi informasi yang bisa kita peroleh dari smarthpone kita, memudahkan akses informasi obat dan dijamin accurate…

Selamat browsing dan mencoba.. YUK ahh updated terkait farmakoterapi… PASTI ASYIK…