Judulnya, Benar benar menjadi DOSEN lhooo… , jadi memang saya belum murni menjadi dosen.

Sekian lama sudah tidak menulis, dan sejak kejadian kemaren, baru baca naskah akademik sertifikasi dosen, kemudian ditegur oleh sang Promotor mengenai peran seorang dosen… duhhh trenyuh, melihat hingga hari ini saya belum bisa menancapkan peran saya sebagai dosen 100%..

Jadi berikut nihhh uraian yang harus saya ingat sepanjang masa, mengingat saya adalah seorang dosen,yang harus terus menerus memperbaiki diri untuk bisa menjadi dosen yang seutuhnya, 100% Dosen.

Jika dikaji dari berbagai tugas dosen, ada 3 tugas utama , yaitu :

1. Pendidikan dan Pengajaran

2. Penelitian

3. Pengabdian Masyarakat

Jadi, dosen di PT selain memberikan pengajaran kepada mahasiswa, harus terus mengembangkan ilmunya melalui penelitian, dan menerapkan hasil penelitian tersebut melalui pengabdian pada masyarakat. Berarti seorang dosen harus bertindak sebagai :

  1. Pengajar. Dosen bukan hanya menguasai materi, namun juga dapat mengajarkannya pada orang lain dengan metode yang baik, dengan demikia dosen juga tidak hanya mengajarkan hal – hal keilmuan pada mahasiswa, namun juga sikap – sikap yang benar dalam menempuh kehidupan yang sementara ini. Nahh ini lah yang dirasa menjadi penting sebagai seorang dosen, bagaimana mentransformasikan keilmuannya kepada mahasiswa dengan metode yang baik. Mengajarkan segala hal baik dalam aspek kehidupan bermasyarakat meliputi kedisiplinan, kejujuran, keidealismean, dan juga kesahajaan…. (duh beratnyaaa, setidaknya disini  di kalaim bahawa sebisa mungkin dosen menjadi contoh nyata para mahasiswanya, contoh benar dan baik) …. CAN I?????
  2. Penelitian Dosen harus meneliti untuk mengembangkan keilmuannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Sikap haus belajar dan selalu ingin tahu sangat diperlukan dosen untuk maju dan berkembang. Di PT luar negeri, sudah lazim bahwa sebagian besar penelitian terbaru muncul dari kampus, bukan industri atau tempat lain. Keingintahuan seorang dosen harus tinggi, sehingga akan membantu mahasiswanya juga untuk memahami konsep secara bersamaan….. RESEARCH???? I HAVE TO START RIGHT NOW!!…. Jikalau ingin mengubah paradigma yang salah dalam pemikiranmahasiswa, maka penelitian yang benar dan terarah adalah salah satu lahan untuk memberikan prose nalar dan logis pada mahasiswa.
  3. Pelayan masyarakat. Dosen tidak cukup hanya tinggal di “menara gading” PT, namun juga harus mau membumi dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sebagai tanggung jawab moral dan sosial terhadap masyarakat, dosen harus mau memberikan ilmu yang ia miliki untuk kepentingan orang banyak. MEMBUMI??? ….. betuuullll, sometimes begitu sulit untuk MEMBUMI, jikalau dilihat dari kenyataannya, beban seorang dosen yang sudah cukup berat dalam proses pendidikan dan pengajaran, sehingga terkadang waktu untuk melakukannya pun tergusur gusur… 

Nahhh , itulah tugas utama menjadi dosen… dan jikalau dibentuk kedalam suatu siklus, maka INILAH SIKLUS TUGAS dari DOSEN:

tri-dharma-pt1

Dari penjelasan di atas, cukup jelas mengapa seorang dosen perlu melakukan ketiganya dalam profesinya. Dengan penelitian, seorang dosen akan memperkaya khasanah ilmu, dengan pengabdian masyarakat dosen bisa menjadi penggerak pembangunan, dan seterusnya..

Manakala seorang dosen hanya bisa memberikan teori saja dan tidak mau melakukan penelitian dan abdimas. Pertanyaannya; apa yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa untuk mempercayai semua pernyataan/pengajaran yang diberikan…?????? …..

JADIIII…. profesi sebagai dosen bukanlah menjadi sebuah keharusan. Namun atas dasar sukarela dengan terlebih dahulu memikirkan dan mengetahui segala konsekuensi saat menjadi dosen.

MAKA… Setiap dosen harus memiliki komitmen, sebab kita dihadapkan pada begitu banyak tantangan. Salah satunya ialah kompetisi dengan perguruan tinggi lain, baik di dalam maupun luar negeri.

KOMITMEN ?? Komitmen apa yang  harus kita miliki?? … “Komitmen utama adalah siap melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang benar, penelitian dan pengabdian masyarkat”, karena itulah tugas utama seorang dosen, jadi  Komitmen menjadi hal penting JIKA ingin DINYATAKAN bahwa KITA adalah seorang DOSEN. Komitmen adalah kerelaan untuk bekerja keras dan memberikan energi serta waktu untuk sebuah pekerjaan atau aktifitas. Dengan komitmen , maka  dalam diri setiap dosen akan muncul:

  1. Semakin tinggi tingkat komitmen dosen, akan semakin tinggi pula usaha yang dikeluarkan untuk melakukan pekerjaan sehingga kinerja dapat meningkat, dan
  2. Semakin tinggi tingkat komitmen dosen, semakin lama ia ingin tetap berada dalam organisasi dan semakin tinggi pula produktivitasnya kepada organisasi dan tingkat keluar masuknya dosen akan semakin rendah.

KOMITMEN SIAP mejalankan fungsi dan peranan sebagai DOSEN, harus didukung dengan KODE ETIK, sehingga apapun yang dikerjakan, akan seiring dan sejalan..

Berikut, adalah gambaran KODE ETIK DOSEN…

1. Integritas : Prinsip Integritas diwujudkan dalam sikap dan perilaku jujur, tulus, bertanggung jawab dan memegang teguh komitmen untuk memenuhi janji.

2. Keadilan : Prinsip Keadilan diwujudkan dalam sikap dan perilaku obyektif, non diskriminatif dan apresiatif.

3. Kemajuan : Prinsip Kemajuan diwujudkan dalam sikap dan perilaku
inovatif, meningkatkan keberdayaan, perbaikan berkelanjutan, dan
komitmen untuk mencapai yang terbaik.

4. Keterbukaan : Prinsip Keterbukaan diwujudkan dalam sikap dan
perilaku cepat tanggap, lapang dada menerima umpan balik, tulus
dalam memberi umpan balik, dan membuka peluang untuk meraih
kemajuan.

5. Kebermaknaan : Prinsip Kebermaknaan diwujudkan dalam sikap dan
perilaku yang memberikan prioritas pada hal-hal yang penting,
berguna, bernilai dan berdampak positif bagi pihak-pihak yang
terlibat dan bagi masyarakat luas.

6. Tumbuh dan Berkembang Bersama : Prinsip Tumbuh dan
Berkembang Bersama diwujudkan dalam sikap dan perilaku saling
mendukung, dan rela berbagi untuk kemajuan bersama.

7. Ketauladanan : Prinsip Ketauladanan diwujudkan dalam sikap dan
perilaku memberi contoh dan melakukan hal-hal yang baik dengan
mulai dari diri sendiri.

Jika dipandang dari  dimensi manusia secara personal dan hubungan antara personal seperti yang dikutip dari berbagai sumber, maka komptensi yang harus dimiliki mejadi seorang dosen adalah:

  1. Kompetensi Intelektual

Kompetensi intelektual adalah kemampuan dan kemauan yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah yang bersifat rasional atau strategic

2. Kompetensi Emosional

Kompetensi emosional adalah karakter sikap dan perilaku atau kemauan dan kemampuan untuk menguasai diri dan memahami lingkungan secara objektif dan moralis sehingga pola emosinya relatif stabil ketika menghadapi berbagai permasalahan di tempat kerja yang terbentuk melalui sinergi antara watak, konsep diri, motivasi internal, serta kapasitas pengetahuan mental/emosional

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial adalah karakter sikap dan perilaku atau kemauan dan kemampuan untuk membangun simpul-simpul kerjasama dengan orang lain yang relatif bersifat stabil ketika menghadapi permasalahan di tempat kerja yang terbentuk melalui sinergi antara watak, konsep diri, motivasi internal, serta kapasitas pengetahuan sosial

4. Kompetensi Spiritual

Kompetensi spiritual adalah karakter dan sikap yang merupakan bagian dari kesadaran yang paling dalam pada seseorang yang berhubungan dengan kebijaksanaan/kearifan yang berasal dari luar ego (diri sendiri) atau di luar pemikiran sadar yang tidak hanya mengakui keberadaan nilai tetapi juga kreatif untuk menemui hal-hal baru

Selain kompetensi, komitmen organisasi merupakan salah satu bagian dari modal intelektual yang ada pada masing-masing individu dosen. Komitmen organisasi akan mempengaruhi individu untuk mengidentifikasi, terlibat dalam organisasi, dan rela berkorban untuk kepentingan organisasi.

Jika dilihat begitu banyak uraian di atas , bagaimana seharusnya menjadi DOSEN, pastinya akan berat jikalau Tidak ada unsur SUKARELA, karena hal di atas BUKANLAh KEHARUSAN, namun berupa himbauan yang hukumnya menjadi wajib jikalau kita sudah memilih sebagai DOSEN.

Dan saya, mulai hari ini… INGIN benar benar menjadi DOSEN, menjadi PENDIDIK yang benar , mejadi CONTOH untuk mahasiswa saya, jadi apapun tindakan saya harus benar benar berdasarkan peran, fungsi hak dan kewajiban sebagai DOSEN….

SEMOGA BISA menjadi dosen yang lebih baik….dosen yang menjadikannya dirinya menjadi pembelajar seumur hidup, artinya… apapun yang kita ajarkan kepada mahasiswa, mereka menjadi tertarik dengan topik yang kita ajar, dan terus mempelajarinya walaupun merke sudah lulus…

YUP… keep learning, dan lakukan evaluasi secara terus menerus… BISMILAH, PASTI bisa